Halaman

Minggu, 02 Januari 2011

SINGAPURA, BAHAN STUDI BANDING



Sebenarnya selain untuk liburan, Singapura cukup komplit untuk bahan studi banding bagi anggota DPR/DPRD dan Kepala Pemerintahan untuk bagaimana mengatur negara atau kota.
Luas Singapura kurang lebih 692,7 km2 (mungkin akan terus bertambah kalau pantai direklamasi terus). Jumlah penduduknya sekitar 5 juta jiwa (separuhnya pekerja asing).

Untuk perbandingan awal, cobalah menyeberang ke Singapura melalui Batam dan perbandingkan air laut di sekitar masing-masing dermaga. Masuklah ke dalam toiletnya dan bandingkan kebersihan dan kesediaan airnya.
Seandainya berjalan-jalan, bahkan ke pusat perkotaan, sangat sedikit dijumpai sampah bertebaran (sebenarnya masih ada sih, terutama sampah alam seperti daun yang jatuh dari pepohonan).

Cari orang ngebut? Kendaraan berjalan santai (sampai gemes naiknya), meski satu dua ada juga sepeda motor yang rada ngawur nyetirnya. Tapi untuk ukuran kita, di Singapura orang berjalan kaki dengan cepat. Suhu udara lumayan adem, mungkin karena dimana-dimana banyak hutan kota.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apabila ada yang ingin anda komentari mengenai artikel atau posting dalam blog ini, silahkan tinggalkan komentar anda :